Be Realistic & Get Ready To Start

Oleh: Sazkia Ghazi

Tidak ada kata tidak untuk seorang Puty Puar. Membanting setir dari seorang yang bekerja di oil rig yang berada di tengah lautan lepas, menjadi ilustrator dan content creator, Puty bercerita bagaimana sekarang memaksimalkan dirinya untuk bisa mewujudkan ide dan berdaya.

Ide-ide yang Realistis

“Happiness is realizing that now you’re an adult, and you can go straight to dessert and eat cake for breakfast!”

Sebuah kutipan tentang kebahagiaan dari Happiness is Homemade yang ditulis Puty ini diamini oleh banyak orang. Ide yang cemerlang sekali, kan? Menerbitkan buku ilustrasi berisi perasaan penuh syukur yang rupanya menjadi sumber kebahagiaan kita. Puty rupanya memang hadir untuk mengingatkan agar kita tetap menapak tanah, tidak melupakan kehadiran orang-orang di sekitar kita, atau setidaknya tidak membuat orang lain merasa insecure.

Puty terkenal dengan goresan ilustrasi dan tuturan kata yang realistis. Her writing and illustration, somehow, selalu menyentuh hati. Karena memang sangat apa adanya dan semua orang pasti pernah merasakan hal tersebut. Seperti tagline bukunya, “Happiness is indeed inside our heart!”

Jadi penasaran, apa hal paling penting yang dilakukan oleh Puty untuk mewujudkan idenya?

“Harus mulai dulu, dan nggak takut gagal. Banyak banget hal yang ketika masih berupa ide terkesan gampang, eh, ternyata pas pelaksanaan susah. Atau sebaliknya, apa yang kita pikir serba nggak mungkin, tapi begitu dijalanin dengan niat baik, ternyata ada jalannya; one step at a time.”

Hal ini terjadi ketika Puty berhasil mewujudkan keinginannya untuk membuat komik. Bagi Puty, komik merupakan salah satu medium yang bagus untuk bercerita, dan Puty ingin sekali bisa membuat komik sendiri. Tapi Puty merasa kemampuan menggambarnya cuma ala kadarnya saja, dan tentunya jauh sekali dari mangaka-mangaka Jepang. “Jadi, ya, aku pikir yang ini nggak akan mungkin”.

Nobody knows di tahun 2018, Puty dapat kesempatan dari penerbit untuk mengompilasi komik strip receh seputar kehidupan ibu-ibu.

“Nggak nyangka, sih…”

Our Daily Life Is The Most Inspiring

Puty menyatakan bahwa hal paling menginspirasi Puty adalah hal-hal yang dekat dengan kesehariannya. Inilah alasan dibalik rasa semua karya Puty. Keluarga, anak, teman-teman, atau kehidupan warganet, ya, karena Puty merupakan bagiannya.

Tapi kemudian Puty meneruskan kalau belakangan ini Puty sedang mencoba untuk lebih fokus bicara soal bagaimana perempuan bisa berdaya, di manapun ia berada, termasuk dari rumah.

Ini erat kaitannya dengan rasa tanggung jawabnya sebagai content creator. Di salah satu ceritanya lewat caption-nya di akun @byputy, ia menyatakan bahwa privilese yang dimilikinya untuk bisa mendapatkan pendidikan tinggi, bisa belajar bahasa Inggris, bisa memiliki daya untuk membeli dan membaca buku-buku berkualitas, serta memiliki akses untuk mendapatkan informasi yang reliable, membuat dirinya memiliki tanggung jawab untuk bisa berguna dan mendorong orang -orang di sekitarnya agar lebih berdaya.

Dan ketika ada yang mengucapkan terima kasih, mendapatkan cerita kalau karya-karyanya berdampak positif dan bisa memotivasi orang lain, ini menjadi bentuk apresiasi yang paling berkesan untuk Puty.

Jujur, aku suka terharu kalau ada yang cerita begitu, rasanya jadi pengin bikin hal baru lagi!”

Keseimbangan Merupakan Hal yang Dinamis

Feed Instagram yang rapi, karakter yang berhasil diciptakan, buku-buku yang berhasil diterbitkan, hingga konten-konten yang bisa menginspirasi banyak orang, tidak semata-semata keluar begitu saja,

Sebagai pekerja kreatif, Puty juga pernah mengalami creative block! Jika ini terjadi, biasanya Puty akan rehat sejenak dan mengganti kegiatan. Misalnya mengalami writer's block, maka Puty akan rehat dari kegiatan menulis dan beralih sejenak untuk nonton film atau melakukan hal yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan tersebut. “Intinya menjauh dulu, dan baru mulai lagi setelah merasa refresh”.

Puty juga mengaku tidak ada waktu khusus untuk membuat konten.

“Aku kalau bikin konten itu dadakan bak tahu bulat!”.

Kebanyakan diawali dengan pertanyaan “Eh, hari ini belum bikin konten, bikin apa, yaaa?” Inilah alasan dibalik konten yang terasa sangat organik. Semua dibuat cepat, dengan ilustrasi (yang menurut Puty) sederhana. 

Ini juga yang menjadi alasan kenapa Puty bilang kalau keseimbangan itu dinamis. Puty tidak memiliki waktu dan durasi khusus untuk kegiatan hariannya. “Agak susah kalau dipatok harus 8 jam kerja, 8 jam keluarga, 8 jam istirahat. Menurutku yang penting justru gimana kita menentukan goals and priorities, lalu menjaga komitmen dan disiplin untuk menepatinya”.

Puty’s Ultimate Rules to Bake The Idea Happens

Kita harus menentukan target capaian agar bisa membayangkan the big picture dari sebuah perjalanan dan proses. Sehingga kita tidak akan cepat merasa gagal jika di tengah jalan bertemu dengan rintangan!

“Set the goals and start!”

Sazkia Ghazi
Consistently blogging for happiness and currently working as Creative Project Manager at IDEABAKERS
OTHERS

...

Menelusuri Jejak-jejak Asal Mu...

PUTI CININTYA ARIE SAFITRI
23 Nov 2021 | 4 minutes to read

...

Bermain-main dengan Memoar di...

PUTI CININTYA ARIE SAFITRI
18 Nov 2021 | 3 minutes to read

...

Bagi Mereka, Pahlawan itu...

ALI YAUMIL
10 Nov 2021 | 1 minutes to read

A medium to share curated story about people who brought their ideas into life, to inspire you to #BakeTheIdeaHappens

┬ęCopyright 2020 by IDEABAKERS. All rights reserved