YOUR ZONE!

Oleh: Grace Tobing

Akhir tahun 2020 yang rasanya panjang sekali, ditutup dengan sebuah film animasi persembahan Disney berjudul SOUL. Film ini sering disebut-sebut sebagai salah satu film yang mampu menghangatkan hati para pemirsanya di tengah pandemi yang rasa-rasanya masih jauh dari kata akhir. Tenang, nggak bakal spoiler, kok… Tapi, ada satu scene yang memperlihatkan pembagian beberapa zona, salah satunya adalah zona yang mana kita merasakan kebahagiaan yang amat besar saat kita melakukan sesuatu yang sesuai dengan passion kita. It could be anything. Waktu lihat adegan itu, langsung kebayang “Oh, inikah yang dinamakan zona nyaman?”

Apa dan gimana, sih, sebenernya zona nyaman itu menurut kamu? Pasti jawaban setiap orang akan berbeda. It’s because the comfort zone is merely an abstract feeling. Kamu mungkin bisa merasakannya, tapi waktu diminta untuk menjelaskannya dengan lebih rinci, pasti langsung kebingungan. Kurang lebih mirip lah, ya, sama rasanya jatuh cinta… XD 

Diskusi soal zona nyaman ini nggak pernah berhenti. Beberapa bilang kita harus berani mengambil resiko dengan meninggalkan zona nyaman kita. Sebaliknya, banyak juga yang percaya bahwa zona nyaman itu justru jadi titik berangkat kita menuju kesuksesan. 

Kalau dikasih pertanyaan kayak gitu, kira-kira kamu akan jawab apa? Kalau belum punya jawabannya, kita mau kasih kamu pertimbangan sebelum memilih. 

 

Your Comfort Zone is Your Superpower!

Nggak usah buru-buru ngacir dari zona nyaman kamu karena takut dibilang “nggak keren”. Soalnya, banyak persepsi salah kaprah tentang kamu harus keluar dari zona nyaman agar berkembang. Nggak semutlak itu, kok. Justru, mengerti sepenuhnya tentang zona kenyamanan kamu akan membuatmu lebih produktif. Pakai zona nyamanmu sebagai titik di mana kamu bisa benar-benar mengerti diri sendiri dan apa yang kamu inginkan. 

Kadang kita keburu mikir “Sesuatu yang baik pasti jalannya sulit dan nggak bakalan bisa dicapai kalau kitanya di situ-situ aja.” Padahal, ketika kita dengan mudah bisa melakukan sesuatu dan nggak seperti kebanyakan orang lainnya, artinya kita mungkin emang jago aja. 

Nah, itu yang bisa dijadikan comfort zone kita. Titik di mana kita bisa mulai mewujudkan mimpi yang kita punya. Mimpi dalam bisnis, karir, atau kehidupan in general. Jadi, kenapa mesti ngikutin tren untuk bersusah-susah kalau ternyata kita bisa punya hal-hal nyaman dan aman untuk mulai beraksi? Why fight through stress and pain, when you can focus on the things that are naturally easy for you?

 

IN OR OUT

Kira-kira apa pilihanmu? Mau cari yang nyaman atau memang perlu adrenaline rush dan sesuatu yang menantang untuk mulai? Kalau masih bingung, it’s very OK. Kami bakal berbagi sebuah kutipan dari Teh Risa. Penyanyi, sekaligus presenter yang masih dalam status mengabdi pada Negara ini punya kiat khusus dalam mengalami zona aman. Teh Risa lebih memilih mengikuti kata hatinya...

“Ketika kita gagal melakukan sesuatu dan ngerasa, ah, gua gak di situ, ya udah melangkah ke yang lain sampai dapet sesuatu yang bener-bener untuk kita. Jadi, ketika udah stuck, melangkah aja ke hal lain. Meskipun orang bilang di zona nyaman bikin kita nggak berkembang, tapi gue lebih memilih berada di zona nyaman. Karena waktu gue merasa nggak nyaman, gue akan langsung keluar dan mencari zona nyaman baru.”

 

Your Call

From that bold statement, we learn that your zone is very dynamic and only you can tell if it is the right one or not. So, Guys, please… Listen to your heart. Nggak perlu lah kita ikut-ikut apa kata orang. Buat kamu yang masih bingung mau mulai dari mana, mungkin ini saat yang tepat untuk mulai mengenal diri sendiri. Setelah itu, kamu bisa menentukan sikap dan rencana ke depannya. So, I guess, catch you in the zone! Cheerio!

Grace Tobing
Creative Project Manager who currently pursuing her master degree on Cultural Studies. 100% #SahabatKupatTahu
OTHERS

...

Menelusuri Jejak-jejak Asal Mu...

PUTI CININTYA ARIE SAFITRI
23 Nov 2021 | 4 minutes to read

...

Bermain-main dengan Memoar di...

PUTI CININTYA ARIE SAFITRI
18 Nov 2021 | 3 minutes to read

...

Bagi Mereka, Pahlawan itu...

ALI YAUMIL
10 Nov 2021 | 1 minutes to read

A medium to share curated story about people who brought their ideas into life, to inspire you to #BakeTheIdeaHappens

┬ęCopyright 2020 by IDEABAKERS. All rights reserved