Bahagia. Dikejar atau dijalani?

Oleh: Ali Yaumil

Apa itu bahagia? Dari mana, sih, asalnya rasa senang? Gimana cara kita agar gembira? Apa, ya, yang bisa ngebuat bahagia? Bahagia ada bentuknya, nggak? Apakah aku udah bahagia?

Banyak pertanyaan lain seputar kebahagiaan yang sering muncul di benak orang-orang. Definisi bahagia emang berbeda di setiap orangnya, mereka membuat definisi bahagianya masing masing berdasarkan apa yang sudah dijlanin dan didapetin. Ada yang bisa bahagia karena hal besar, juga ada yang bahagia cukup dengan hal-hal kecil saja. Tapi sebenernya, pertanyaan intinya adalah bahagia itu apa, sih?

Menurut Aristoteles, seorang filsuf dari Yunani, kebahagiaan itu dibagi jadi dua, Hedonia dan Eudaimonia. Hedonia itu rasa bahagia yang mengakar dari hal menyenangkan. Biasanya berkaitan dengan perasaan yang muncul ketika melakukan sesuatu yang disenangi, menyayangi diri sendiri, dan merasa puas. Sedangkan Eudaimonia, muncul dari pencarian tentang makna hidup dan memiliki nilai serta tujuan dalam hidup, biasanya dikaitkan dengan sosialisasi antar manusia.

Teorinya, sih, gitu… Tapi, nggak sedikit juga orang yang nggak tau kebahagiaan itu apaan. Coba tanya deh, “Menurut kalian apa, sih, arti bahagia?” pasti mereka mikir dulu agak lama sampai akhirnya mereka bisa ngasih tau definisi bahagia mereka (kadang pakai ‘mungkin’ di awal atau akhir kalimat). Sadar nggak sadar kita hidup selalu seeking for happiness. Padahal kebahagiaan itu ga harus dikejar atau dijadiin tujuan utama. Boleh aja, sih... Tapi biar bahagianya nggak kerasa nanggung, cobain deh untuk menikmati rasa bahagia sedalam mungkin.

 

“Until you give up the idea that happiness is somewhere else, it never be where you are”

-Robert Holden-

 

Familiar gak dengan kata-kata Destination Addiction? Bukan.. itu bukan sesuatu yang membuat kalian kecanduan untuk bepergian, tetapi sebuah kondisi psikologis dimana kalian percaya bahwa kesuksesan dan kebahagiaan adalah sebuah tujuan. “Gue bakal bahagia kalo punya mobil mewah, rumah mewah, baju mewah, serba mewah”, “Saya akan bahagia ketiak saya sukses”,“Gue harus sukses dan bergelimang harta biar gue hidup bahagia” atau “Gue akan bahagia ketika gue kerja di perusahaan A” kata-kata semacam ini adalah contoh goals yang dituju untuk kebahagian, dan biasa disebut sebagai Destination Addiction.

Destination Addiction membuat kamu terlalu fokus untuk mengejar kebahagiaan melalui pencapaian bukan ketika kamu berproses mencapai tujuan tersebut. Coba bedain deh,  bahagia ketika goals tercapai sama baru bisa bahagia ketika goals tercapai. Ibaratnya, kalian akan baru senang ketika diterima di perusahaan A kalau kalian Destination Addiction. Tapi berbeda jika kalian tidak Destination Addiction, akan merasa lega ketika diterima di perusahaan A dan menjalankannya dengan hati yang penuh.

Setting goals is a must, tapi goals yang dibuat jangan sekadar karena pengin bahagia. Ketika kalian menjadikan goals untuk gerbang kebahagiaan, itu akan berdampak buruk untuk kalian sendiri. 

 

“Terus, gimana caranya agar gue tidak Destination Addiction?” 

 

Hargai proses

Ketika kalian menghargai sebuah proses, kalian ga akan menyia-nyiakan waktu yang diberikan dan akan lebih mencintai apa yang kalian kerjakan.

 

Jangan bebani dirimu dengan goals yang kamu tetapkan sendiri

Buat goals yang lebih realistis agar tidak melelahkan ketika mengejarnya. Step by step.

 

Target your own weakness to know you more

Dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki masing-masing, kalian bisa lebih mengerti dan memahami diri sendiri hingga akhirnya lebih mudah untuk menciptakan alur kerja yang nggak membebani diri sendiri.

 

Jadi, bahagia itu nggak usah dikejar, tapi bahagia lah ketika apa yang menjadi mimpi kalian tercapai dengan segala usaha yang udah dilakukan. Menerima kekurangan dan mempertajam kemampuan. Tidak menahan diri tetapi lebih mengetahui mana yang bisa membuat kalian lebih nyaman untuk menjalani proses mengejar mimpi. Cobain deh, bakal lebih pol bahagianya!

Ali Yaumil
Creative Account Officer who swerve from a Graphic Designer to a Copywriter. Always wearing something yellow.
OTHERS

...

Wanggi Hoed dan Kehidupan Seni...

ALI YAUMIL
13 Oct 2021 | 5 minutes to read

...

Sustainability Sama Dengan Gay...

ANNISA HASNA
01 Sep 2021 | 4 minutes to read

...

10 Harsh Truths About Growing...

CITRA SARAS
22 Aug 2021 | 4 minutes to read

A medium to share curated story about people who brought their ideas into life, to inspire you to #BakeTheIdeaHappens

┬ęCopyright 2020 by IDEABAKERS. All rights reserved